Langsung ke konten utama

TIPS #simple Menjadi Teman Curhat Yang Baik

Setiap manusia apalagi perempuan diciptakan dengan segala problematika kehidupan yang senantiasa mengiringi. Banyak cara mengungkapkan kegelisahan, kesedihan, kebahagiaan, keresahan, dll, pada jaman kemajuan teknologi sekarang tentunya mudah menemukan media untuk meluahkan apapun yang ada di otak kita, hati kita.
Namun, ada kalamya kita butuh seseorang yang sekiranya bisa menanggapi apa yang kita ingin curhatkan. Curhat kepada manusia secara langsung merupakan metode yang tak akan lekang oleh zaman, karena isi hati yang terungkapkan bisa dengan langsung mendapat feedback baik berupa solusi secara langsung, atau hanya emosi yang terbagi melalui ekspresi wajah dan siapnya "telinga".

Ada beberapa TIPS menjadi teman curhat yang baik menurut saya, saya hanya akan menguraikan aspek paling pentingnya saja.

Jadi, jika ingin menjadi teman CURHAT, siapapun, baik anak, orangtua, sahabat, teman, keluarga,
sebelum mendengarkan cerita orang;

1. Harus punya rasa EMPATI dulu.

Gimanapun baik / buruknya seseorang yang kamu kenal dengan baik lagi curhat,

2. Jangan di JUDGE.

"Oh, soalnya kamu terlalu begini kali. soalnya kamu gini jadi dia begitu. kamu kan gini...kamu kan gitu...coba aja kalo kamu begini..coba aja kalau kamu begitu...kamu kan gini orangnya, kamu kan gitu orangnya, bla2...dan sejenisnya" walaupun kamu ngomong dengan nada sehalus mungkin,

maka jangan kaget kalau kamu di BLACKLIST sebagai teman curhat. Kalau dia "anak" dia akan kapok curhat sama orangtuanya, dia pasti akan cari tempat lain yang lebih bikin NYAMAN dan tidak merasa tersudutkan, begitupun orang lain yang bukan siapa-siapa kita.

Mudah, kan? yuk kita tanam rasa empati kita untuk bisa menjadi temn curhat yang baik!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Welcome To The World, Little Boss

Diawali dengan pertanyaan: "Kok, bisa sih Tuhan?" dari benih bersifat mikroskopis tiba-tiba jadih makhluk hidup mengagumkan yang dinamai Bayi Manusia? kemudian, ternyata saya sekarang jadi Ibu...pun Iqbal, suami saya jadi Ayah, dan.. Kok bisa sih Tuhan dengan secepat kilat melenyapkan ingatan saya tentang rasa sakit ketika berjuang melahirkan bayi manusia. jujur, saya lupa tentang bagaimana rasa sakit itu...lupa merasakannya, tapi hanya ingatan tentang bagaimana perasaan saya saat itu setelah melahirkan. jika kamu pernah mengalami operasi-operasi kecil tanpa dibius, dihujam jarum suntik bertubi-tubi, dirobek, dirogoh...semua itu tidak ada apa-apanya dibanding rasa sakit saat kontraksi jelang persalinan. timbul-tenggelam seenak dia, tanpa bisa kita kontrol kecuali kita sendiri yang berjuang menahan diri untuk tidak mengejan sebelum waktunya...prosesnya bisa berjam-jam..bahkan berhari-hari. kebayang, kan? bahkan minta istirahat dulu aja gak bisa... :D beruntung, proses say…

Untuk Makhluk Bernama Manusia

Manusia Seutuhnya


Orang pintar berpendidikan tinggi Kadang lupa rendah hati, cendrung keras, dan kaku
Orang cantik Kadang lupa untuk berhati tulus, lupa bertata krama, berhalus lisan
Orang kaya Kadang lupa arti sederhana tapi berkelas
Orang tampan Lupa bijaksana, lupa pentingnya wawasan, hilang kharisma
Wanita sederhana Lupa bahwa terkadang keindahan itu perlu
Wanita mandiri Lupa bahwa wanita, dengan segala kelebihannya adalah dia yg masih perlu uluran tangan perkasa yang membawanya untuk ikhlas mengabdi, tanpa dipaksa.
Dengan caramu Dengan pahammu Untuk sebuah pengakuan Merunduk lah untuk ditatap lebih tinggi.

Review Sabun Bayik (untuk kulit sensitif)

Hay, mumpung lagi semangat nulis dan bayi lagi bobo, saya mau review bebearapa produk (sabun) yang pernah Zayn pake selama 10 bulan terakhir. langsung aja yess kebanyakan basa-basinya malah tar buibuk pada males bacanya..hhe oke.



Zayn punya kulit cukup sensitif dn kering, dy dr lahir kurang cocok dipakein sabun2 bayi merek2 umum yg gampang dicari di minimarket2..yg wangi2nya sgt sy sukai itu.

Awalnya saat baru lahir di hari kedua d rumah sakit, badan zayyan ada ruam2 yg menyebabkan zayyan harus minum obat alergi gak tega rasanya saat cairan kimia tsb masuk mulut bayi sekecil dn semerah itu...hiks. Tp ajaibnya setelah sampai rumah ruamnya ilang...

Pada perawatan hari-hari pertama Zayyan, sy pakai Pigeon Wash 2 in 1 bersama dengan produk lainnya seperti hair lotion, cologne, baby oil, dsb..oke2 saja sih ya, gk ada masalah di kulit zayyan yg saat itu masih dimandiin paraji 1 minggu sampai puput tali pusat. kenapa milih Pigeon untuk seperangkat perabotan lenong pertama Zayn, karena katanya …