TIPS #simple Menjadi Teman Curhat Yang Baik

Setiap manusia apalagi perempuan diciptakan dengan segala problematika kehidupan yang senantiasa mengiringi. Banyak cara mengungkapkan kegelisahan, kesedihan, kebahagiaan, keresahan, dll, pada jaman kemajuan teknologi sekarang tentunya mudah menemukan media untuk meluahkan apapun yang ada di otak kita, hati kita.
Namun, ada kalamya kita butuh seseorang yang sekiranya bisa menanggapi apa yang kita ingin curhatkan. Curhat kepada manusia secara langsung merupakan metode yang tak akan lekang oleh zaman, karena isi hati yang terungkapkan bisa dengan langsung mendapat feedback baik berupa solusi secara langsung, atau hanya emosi yang terbagi melalui ekspresi wajah dan siapnya "telinga".

Ada beberapa TIPS menjadi teman curhat yang baik menurut saya, saya hanya akan menguraikan aspek paling pentingnya saja.

Jadi, jika ingin menjadi teman CURHAT, siapapun, baik anak, orangtua, sahabat, teman, keluarga,
sebelum mendengarkan cerita orang;

1. Harus punya rasa EMPATI dulu.

Gimanapun baik / buruknya seseorang yang kamu kenal dengan baik lagi curhat,

2. Jangan di JUDGE.

"Oh, soalnya kamu terlalu begini kali. soalnya kamu gini jadi dia begitu. kamu kan gini...kamu kan gitu...coba aja kalo kamu begini..coba aja kalau kamu begitu...kamu kan gini orangnya, kamu kan gitu orangnya, bla2...dan sejenisnya" walaupun kamu ngomong dengan nada sehalus mungkin,

maka jangan kaget kalau kamu di BLACKLIST sebagai teman curhat. Kalau dia "anak" dia akan kapok curhat sama orangtuanya, dia pasti akan cari tempat lain yang lebih bikin NYAMAN dan tidak merasa tersudutkan, begitupun orang lain yang bukan siapa-siapa kita.

Mudah, kan? yuk kita tanam rasa empati kita untuk bisa menjadi temn curhat yang baik!

Komentar

Postingan Populer