Langsung ke konten utama

TIPS #simple Menjadi Teman Curhat Yang Baik

Setiap manusia apalagi perempuan diciptakan dengan segala problematika kehidupan yang senantiasa mengiringi. Banyak cara mengungkapkan kegelisahan, kesedihan, kebahagiaan, keresahan, dll, pada jaman kemajuan teknologi sekarang tentunya mudah menemukan media untuk meluahkan apapun yang ada di otak kita, hati kita.
Namun, ada kalamya kita butuh seseorang yang sekiranya bisa menanggapi apa yang kita ingin curhatkan. Curhat kepada manusia secara langsung merupakan metode yang tak akan lekang oleh zaman, karena isi hati yang terungkapkan bisa dengan langsung mendapat feedback baik berupa solusi secara langsung, atau hanya emosi yang terbagi melalui ekspresi wajah dan siapnya "telinga".

Ada beberapa TIPS menjadi teman curhat yang baik menurut saya, saya hanya akan menguraikan aspek paling pentingnya saja.

Jadi, jika ingin menjadi teman CURHAT, siapapun, baik anak, orangtua, sahabat, teman, keluarga,
sebelum mendengarkan cerita orang;

1. Harus punya rasa EMPATI dulu.

Gimanapun baik / buruknya seseorang yang kamu kenal dengan baik lagi curhat,

2. Jangan di JUDGE.

"Oh, soalnya kamu terlalu begini kali. soalnya kamu gini jadi dia begitu. kamu kan gini...kamu kan gitu...coba aja kalo kamu begini..coba aja kalau kamu begitu...kamu kan gini orangnya, kamu kan gitu orangnya, bla2...dan sejenisnya" walaupun kamu ngomong dengan nada sehalus mungkin,

maka jangan kaget kalau kamu di BLACKLIST sebagai teman curhat. Kalau dia "anak" dia akan kapok curhat sama orangtuanya, dia pasti akan cari tempat lain yang lebih bikin NYAMAN dan tidak merasa tersudutkan, begitupun orang lain yang bukan siapa-siapa kita.

Mudah, kan? yuk kita tanam rasa empati kita untuk bisa menjadi temn curhat yang baik!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Welcome To The World, Little Boss

Diawali dengan pertanyaan: "Kok, bisa sih Tuhan?" dari benih bersifat mikroskopis tiba-tiba jadih makhluk hidup mengagumkan yang dinamai Bayi Manusia? kemudian, ternyata saya sekarang jadi Ibu...pun Iqbal, suami saya jadi Ayah, dan.. Kok bisa sih Tuhan dengan secepat kilat melenyapkan ingatan saya tentang rasa sakit ketika berjuang melahirkan bayi manusia. jujur, saya lupa tentang bagaimana rasa sakit itu...lupa merasakannya, tapi hanya ingatan tentang bagaimana perasaan saya saat itu setelah melahirkan. jika kamu pernah mengalami operasi-operasi kecil tanpa dibius, dihujam jarum suntik bertubi-tubi, dirobek, dirogoh...semua itu tidak ada apa-apanya dibanding rasa sakit saat kontraksi jelang persalinan. timbul-tenggelam seenak dia, tanpa bisa kita kontrol kecuali kita sendiri yang berjuang menahan diri untuk tidak mengejan sebelum waktunya...prosesnya bisa berjam-jam..bahkan berhari-hari. kebayang, kan? bahkan minta istirahat dulu aja gak bisa... :D beruntung, proses say…

Untuk Makhluk Bernama Manusia

Manusia Seutuhnya


Orang pintar berpendidikan tinggi Kadang lupa rendah hati, cendrung keras, dan kaku
Orang cantik Kadang lupa untuk berhati tulus, lupa bertata krama, berhalus lisan
Orang kaya Kadang lupa arti sederhana tapi berkelas
Orang tampan Lupa bijaksana, lupa pentingnya wawasan, hilang kharisma
Wanita sederhana Lupa bahwa terkadang keindahan itu perlu
Wanita mandiri Lupa bahwa wanita, dengan segala kelebihannya adalah dia yg masih perlu uluran tangan perkasa yang membawanya untuk ikhlas mengabdi, tanpa dipaksa.
Dengan caramu Dengan pahammu Untuk sebuah pengakuan Merunduk lah untuk ditatap lebih tinggi.

Kuliner Review: Mai Suki (jl.Riau)

KULINER REVIEW:
Mai Suki (jl.Riau depan RSIA Limijati, samping WiNgsTop)
Pulang fisio terapi anak, laper dn udah malem sekitar jam 21.00 bingung pingin makanan berkuah eh, nemu persis disebrang ada tempat suki. Monmaap yak foto sebagian nyomot di IG kerana paksu paling gak suka aku poto2 makanan dn foto2 d resto, tempat makan sih terutama 😢 padahal niatnya buat review ky gini gt khaan. *eh curcol nya kepanjangan 🤣
JADI.. Mai suki Jl.riau ini baru buka 1 tahun lah cukup bs dibilang baru. Dn katanya cabangnya jg ada bbrp salah satunya di paskal23 (tp blm pernah kesana). First impression liat tempat ini:
- bangunannya nyaris gk keliatan krn sebelahnya resto WINGsTOP gede banget, dan mai suki ini disampingny tp bangunannya lbh menjorok k dalem jd klo dr limijati keliatannya kecil - tapi pas masuk, egila luas dong tempatnya. Ruangnya dibagi 3 sayap kanan-kiri smoking area (yg kanan + playground) yg tengah non smoke. Sebenernya memanjang gt bangunannya dn leluasa bgt buas Zayn lari2an tanpa tak…