Mendadak menikah, Mendadak punya anak!!



assalamualaikum wr.wb.

salam kenal Ummies, alhamdulillah hari ini kebagian giliran untuk sharing :) nama saya Hadyadini Amalia biasa dipanggil Dini atau Hadin. umur saya 27 tahun dan baru dikaruniai seorang bayi laki-laki namanya Aldebaran Muhammad Zayyan Arashi, usianya baru 2 bulan. Saya menikah dengan suami saya, Mohammad Iqbal, belum genap 1 tahun..bullan depan br anniversary, hhe. saya diperkenalkan grup ini oleh kakak ipar sy, Teh Fazriah.


umm..sy share ttg awal perkenalan sy sama suami aja dulu ya. rada lucu disini menurut sy. sy menikah dengan tetangga yang seumur-umur sy gk tau beliau siapa. padahal orang tua kami kenal dekat. memang, rumah kami beda beberapa blok..jd sy yang selepas SD masuk pesantren, habis lulus pesantren sy jarang bergaul d sekitar rumah, jd emg gk pernah kenal dan gk pernah tau. ditambah suami saya  yg juga rada anti sosial alias jarang keluar rumah krn kerjaannya selain ngantor yaitu ngoding projekan luar, dan Ngegame (Gamers bgt orgnya :D). 

saat itu akhir februari 2015, kebetulan kami berdua senasib..habis ditinggal wafat salah satu orangtua. saya kehilangan Ibu, suami sy kehilangan Ayah. meninggalnya pun berdekatan cuma beda 2 minggu. saat itu Ibu sy masih sempat takziah ke rumah orgtua suami sy, karena teman dekat bahkan sempat berkunjung beberapa kali. tidak ada firasat apapun, hanya sj saat itu mertua sy cerita, ibu sy terlihat makin cantik tapi lebih banyak diam, tidak seperti biasanya lincah, ceria dn cerewet :). dua minggu setelah ayah suami dy wafat, Ibu sy pecah pembuluh darah di kamar mandi, ba'da subuh..masih memakai bawahan mukena. sembat dilarikan ke RS selama 3 hari dan wafat setelah 2 malam berada d ICU. hanya ada 2 kakak saya yg standby d RS di saat2 terakhir ibu, pas sekali saat dikabari keadaan ibu kritis dan mau masuk mobil, kakak sy tiba2 tlp agar menunggu sj d rumah krn Ibu sdh gk ada..kami semua histeris. kecuali bapak. beliau dengan spontan berlari ke masjid dan mengumumkan sendiri perihal meninggalnya Ibu. saya ingat, para tetangga, teman2 ibu 
satu komplek langsung keluar rumah, mereka menangis dan saling berpelukan. tidak lama kemudian rumah kami ramai oleh para tetangga. sampai ambulan dtg membawa jenazah ibu. 

saya gk tau saat itu, beberapa blok di komplek rumah, ada calon mertua saya yang masih berduka sepeninggal suaminya, lari-lari menangis histeris menuju masjid selepas mendengar pengumuman wafatnya Ibu sy. dan di belakangnya anak laki-laki mengejar sang ibu sambil membawa sandal ibunya yg lupa dipakai.. saya belum tau bahwa dialah yang nantinya adalah jodoh sy. jodoh dunia-akhirat, aamiin.

sampai sekitar akhir tahun 2015, ibu dr suami bertemu dengan ayah sy dan dengan to the point meminta "pak, dini biar sm anak saya aja" :D. entah kenapa ayah saya tampak mendukung. dan itu jarang terjadi. setelah pulang, ayah saya bilang, " kamu tau iqbal? katanya naksir sama kamu" saat itu sy kebetulan sedang dekat kakak tingkat semasa kuliah, jadi biasa aja tanggapannya. lagian saat itu sy sudah malas sekali memulai lagi menjalin dgn org yg sy sama sekali gk tau.

tapi sy tetap istikharah..meminta petunjuk yang terbaik. entah bagaimana ceritanya, sedikit-demi sedikit Allah membuka mata saya. hubungan sy dengan 
si kakak tingkat mulai renggang, ketidakcocokan semakin byk terlihat, dan sy malah semakin didekatkan dengan iqbal, walaupun saat itu  belum pernah bertemu muka hanya chatting lwt whatsapp. aneh sih mengingat kami tinggal berdekatan.

saat kami semakin nyaman, kami pun sepakat ketemuan untuk pertama kalinya. entah kebetulan, waktu itu diundang teman k event wedding expo d pusdai saya pikir sekalian aja main di sana. sampai iqbal akhirnya sampai k rumah utk menjemput sy. di situ sy pertama kali lihat wajah nya. tampak tidak familiar sama sekali. sy berusaha mengingat2, iqbal mengaku bahwa sebenarnya kami pernah ketemu waktu kecil, satu kali, saat sekolah ngaji. tp sy gk ingat sama sekali sosoknya. di rumah, iqbal ingin minta ijin ke ayah sy utk membawa sy pergi jalan2, tp kebetulan ayah sy sedang ngajar di pengajian salah satu KBIH di dekat masjid istiqamah. oke, kebetulan dekat dengan lokasi wedding expo. kami pun k KBIH dulu krn  iqbal kekeuh ingin minta ijin.

Qadarullah, secepat itu Allah memperjalankan kisah kami, dr wedding expo kami mendapat vendor yang kami gunakan saat resepsi, walaupun saat itu kami sedang iseng dan belum ada rencana -tapi seolah sama2 yakin berjodoh-, saya kemudian dia khitbah dua bulan setelah pertemuan itu (bulan maret 2015), akad nikah di bulan Mei, dan resepsi di bulan agustus.

sampai sesuatu yang tidak diduga terjadi, saya hamil sebelum resepsi. semua di luar rencana, yang tadinya kami mau program hamil d tahun ini. ternyata sy haid satu hari setelah akad, benar kata saudara2 sy saat itu pasti langsung "jadi".

lucu sebenarnya, saat cek testpack, saya dan suami biasa sj. padahal saya berharap bisa kaya di sinetron atau film2 yang kalau liat dua garis d testpack lgsg haru-biru, sujud syukur bla-bla.... sdgkn kami cuma: "yang, positif nih kayany" "coba liat", "oh, ok besok cek k dokter" kmudian lanjut nonton tv sambil makan kacang" -_-.

saat itu bulan puasa, pantas sj sy ngrasa cepet bgt capek dn haus, ternyata tanda2 hamil mmg begitu ya.

ujian pertama pun dtg saat persiapan resepsi. kebetulan gedung sudah dapat d jauh-jauh hari saat masih status khitbah. bukan dr suami melainkan keluarga sendiri, sy yg saat itu hamil muda selain sibuk ngurus semua berdua sm suami kmdn harus menghadapi sedikit konflik dgn keluarga. sempat sy pulang k rumah mertuamalam hari,  hujan2, menangis, sampai muntah2 d jalan, d depan rumah orang, sepulang sy bertemu ayah dn bersilang pendapat dgn beliau. 

di kehamilan sy yg br mau masuk 3 bulan, akhirny acara resepsi kami berlangsung tnpa kendala..membuat tamu2 kenyang dn terkesan bagi kami, itu sdh mrpk kesuksesan yg nyata dn kelegaan luarbiasa.

stelah itu, menanti kelahiran si Little A...berat dan ripuh banget pas trimester awal, dari mual2 tiap sore menjelang malam, sampe mual masuk rumah sendiri (orangtua) smpai akhirnya memutuskan untuk tinggal d rumah mertua dulu sampai beberapa lama setelah resepsi / masuk trimester 2 krn mual mulai mereda. sejak awal kami merencanakan kelahiran secara alami/gentle di klinik Bumi Ambu namanya yaitu klinik pro-gentle birth. dengan kontrol rutin tiap bulan tetap di RS. segala macam PR pun mulai dilakukan..soft prenatal yoga, jalan kaki, main gymball, pelvic exercises, dll..tapiii di pembukaan lengkap, sudah pecah ketuban, baby posisinya blm turun, dan sempat melemah detak jantung si janin karena kelelahan :( jadilah dirujuk k RS yg notabene perlakuannya beda bgt sm d bumi ambu..gk ada sentuhan lembut sama sekali. sampai sy trauma lahiran d RS krn sdh ngalamin sendiri servis di bumi  ambu spt apa, dan bertekad untuk mencoba lg di klinik tsb d kehamilan berikutnya. aamiin.

Sampai kemudian setelah satu minggu kelahiran, anak sy jaundice. tidak ada tindakan saat masih d rumah sakit, tidak ada cek lab, lgsg diperbolehkan pulang. saat chek up pertama setelah lahiran di usia 8  hari, bilirubinnya 18. hancur hati saya ketika harus berpisah sementara dengan bayi saya. sy terus menyesali, kalau tidak lahiran d RS mungkin gk akan kuning. krn di bumi ambu ada proses delayed cord clamping, yaitu penundaan pemotongan tali pusat guna membiarkan mineral2/zat2 yg bermanfaat yang masih bisa diserap bayi dr ari2. krn manfaatnya sbg imun dan mencegah kuning. itu kata guru softprenatal yoga saya, Ibu Nena, sekarang ngajar full di Galinea jl. badak singa, FYI. 

bulan pertama usia bayi sy, sy sempat seperti terkena syndrome baby blues. karena hampir 3x sehari menangis, sakiit2 badan sampai sempat tidak mau menyusui saat malam hari -yang akhirnya suami sy browsing gejala2 yg sy alami ternyata lebih k syndrome D'MER bukan baby blues". saya merasa sendirian, menginginkan kehadiran almh.ibu sy amat sangat, dan baru merasa nyaman ketika suami sy pulang. dia pun tidak luput dr lampiasan "ketidakwarasan" sy saat itu..menangis2, marah2, bahkan mengancam2.  :((. tapi seiring waktu, tepatnya setelah anak saya usia 40 hari, jaundice nya mulai menghilang, berat badannya terus bertambah, saya berangsur-angsur sembuh. mulai bisa menikmati kehadiran bayi sy, mulai banyak bersyukur, dan bersabar..dengan keyakinan dan harapan besar ingin anak sy tumbuh sebahagia mungkin.

mungkin cukup sekian yang bisa sy share, kayaknya biasa aja ya, tp mudah2an ada yg bermanfaat buat ummies cantik, maafkan krn belum bisa terlalu eksis, cuma bs jd silent reader, tp grup ini benar2 bermanfaat buat sy sbg ibu2 baru. makasih buat kakak ipar sy Teh Fazriah yang sdh mau bantu sy masuk grup stlh sy curhat sm kakak sy, juga Teh Herly yg sempat saya curhatin juga...terimakasih byk buat ummies d grup ini yg gk pernah berhenti berbagi ilmu. semoga Allah mmberi keberkahan utk kita semua, aamiin.



Posting Komentar

0 Komentar